RPP PEER TEACHING PKN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTS Indonesia
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Jumlah Pertemuan : Satu Kali Praktek (1 X 15 Menit)
I.
Standar
kompetensi :
1. Menampilkan Prilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila
II. Kompetensi
Dasar :
1.3 Menunjukkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat,
Berbangsa dan Bernegara.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan
pengertian sikap positif terhadap pancasila
2. Menjelaskan
pentingnya sikap positif terhadap pancasila
3. Menunjukkan
sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, siswa dapat :
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian dari sikap positif terhadap pancasila
2. Siswa
mampu menjelaskan pentinya sikap positif terhadap pancasila
3. Siswa
mampu menunjukkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan sehari-hari
V.
Karakter
Yang Ingin Dicapai
A. Disiplin
B. Tanggung
Jawab
C. Kerja
Keras
VI.
Materi
Ajar
A. Pengertian
Sikap Positif Terhadap Pancasila
Makna sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila dimaksudkan bahwa
Pancasila sebagai ideologi terbuka harus diamalkan secara obyektif yang diberlakukan
dalam penyelenggaraan negara dan pengamalan secara subjektif yang diberlakukan
oleh setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat.
B. Pentingya
sikap positif terhadap pancasila
C. Contoh-contoh
sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Contoh perilaku positif terhadap Pancasila, misalnya: pejabat negara
diberitakan tidak melakukan tindak pidana korupsi, saling toleransi dalam
beribadah pemeluk agama dan sebagainya
VII.
Alokasi
Waktu
Satu kali Praktek (1 X 15 Menit)
VIII.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Pendekatan
kontektual(Contextual Teaching and Learning /CTL)
IX.
Kegiatan
Pembelajaran
Tahap Kegiatan
|
Aktivitas siswa/guru
|
A.
pendahuluan
|
1.
guru mengucapkan salam
2.
guru memperhatikan kondisi kelas
3.
guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai
kegiatan pembelajaran
4.
guru menyampaikan pokok pembahasan dan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
|
B.
Inti
|
1.
Guru memberikan sedikit materi mengenai
pelajaran yang diajarkan
2.
Guru memberikan soal kepada siswa nutuk
dikerjakan secara individu dengan waktu yang telah ditentukan
3.
Guru menyuruh siswa untuk menyampaikan hasil
jawabannya terhadap soal yang telah diberikan sebelumnya
4.
Guru Menanyakan kepada siswa yang lain yang
memiliki jawaban yang berbeda mengenai soal yang ditanyakan
|
C.
Penutup
|
1.
Guru melakukan refleksi melalui pertanyaan
lisan, misal : apakah kalian senang pelajaran hari ini ?
2.
Guru memberikan Program tindak lanjut kepada
siswa berupa pengerjaan LKS
3.
Guru Mengajak siswa berdoa karena telah
menyelesaikan pembelajaran ini dengan lancar
4.
Guru Menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
|
X.
Penilaian
A.
Penilaian
Proses
1.Penilaian pengamatan Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Indikator kaakter
|
Nilai Siswa
|
||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Kerja keras
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 1
Sangat Disiplin skor 4
Cukup Disiplin Skor 3
Kurang Disiplin Skor 2
Tidak Disiplin Skor
1
Indikator 2
Sangat Tanggung Jawab Skor 4
Cukup Tanggung Jawab Skor 3
Kurang Tanggung Jawab Skor 2
Tidak Tanggung Jawab Skor 1
Indikator 3
Sangat Kerja Keras Skor 4
Cukup Kerja Keras Skor 3
Kurang Tanggung Jawab Skor 2
Tidak Tanggung Jawab Skor 1
Penskoran dan kriteria Penilaian
1.
Rentang skor tiap indikator antara 1-4
2.
Kriteria pemberian skor :
a.
sangat Baik =
4
b.
Cukup Baik =
3
c.
Kurang Baik =
2
d.
Tidak Baik =
1
3.
Nilai Ideal 100
4.
Jumlah skor seluruh indikator
a.
Minimal 1 X 3 = 3
b.
Maksimal 4 X 3 = 12
5.
Rumus : ∑ Diperoleh X 100
∑ Skor maksimal
6.
Kriteria Penilaian Sikap
86 – 100 = sangat baik
76 – 85 = baik
66 – 75 = cukup
≤ 56 = kurang
B.
Penilaian Hasil
Tes Tulis Bentuk Uraian
Jawablah pertanyaan Berikut
dengan jelas dan benar.
Soal :
1.
jelaskan perilaku & sikap positif
terhadap pancasila dlm kehidupan berbangsa & bernegara
2.
berikan contoh sikap positif terhadap
pancasila dlm kehidupan berbangsa
3.
jelaskan pentingnya sikap positif
terhada pancasila
4.
berikan contoh sikap positif terhadap
pancasila dalam kehidupan ekonomi/politik/sosial/budaya
Jawaban :
1.
Perilaku positif terhadap pancasila,
adalah dengan segenap hati & sungguh-sungguh mengamalkan ke-lima sila
pancasila yang mengandung nilai-nilai dan norma/budi luhur tersebut, tanpa
setengah hati. Jika belum bisa, maka kita melakukannya sedikit demi sedikit dan
semampunya asal ada dan sudah usaha.
2.
Menghargai karya teman, bersikap adil
terhadap orang lain, menghormati agama lain
3.
Pentingnya sikap positif terhadap
pancasila, adalah agar kita bisa menjadi manusia yg benar-benar berperi
kemanusiaan & berperi keadilan, menjadi harapan bagi bangsa & negara
suatu saat nanti.
4.
Tidak korupsi ekonomi, Musyawarah
politik, kerja baksi sosial, berpenampilan sopan budaya
Pedoman Penskoran :
A.
Indikator penilaian
1.
Bila jawaban sangat sempurnya diberi skor
4
2.
Bila jawaban sempurna diberi skor 3
3.
Bila kurang sempurnya diberi skor 2
4.
Bila tidak sempurna diberi skor 1
B.
Pedoman penilaian
1.
Skor maksimal seluruh soal 4 X 4 = 16
2.
Skor minimum seluruh soal 1X 4 = 4
3.
Nilai ideal : 100
4.
Nilai : ∑ Skor
perolehan X 100
∑ Skor maksimal
XI.
Sumber
Belajar
1.
Buku atau tulisan tentang pancasila
2.
Media Internet
3.
Obyek Visual yang berhubungan dengan materi
pembelajaran
XII.
Media
Pembelajaran
1. Netbook
2. LCD
3. Papan
tulis
4. Spidol
5. Penghapus
Surakarta,………2012
Mengetahui,
Penguji
Peer Teaching Peserta Peer Teaching
__________________ __________________
NIP NIM
1 komentar:
mantap
Posting Komentar