Pages

Selasa, 01 Mei 2012

Penilaian Rubrik PKN


Mata Pelajaran              : PKN
Kelas/SMT                    : VIII/Ganjil
Standar Kompetensi     : Menampilkan Perilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar        : Menunjukkan Sikap Positif Terhadap Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.
Indikator                       : Mengidentifikasi Sikap yang Bertentangan dengan nilai-nilai pancasila sebagai bentuk Korupsi di indonesia.
Judul Tugas                  : Membuat Makalah bertemakan Tentang tindakan dan prilaku yang bertentangan dengan nilai pancasila sebagai bentuk korupsi, Dengan membuat makalah ini siswa diharapkan dapat mengerti dan memahami nilai-nilai yang bertentangan dengan pancasila dan tindakan itu merupakan sesuatu yang digolongkan dalam tindakan korupsi.
Petunjuk Siswa             : Makalah dibuat dengan spasi 1.5, Font times new roman, Maksimal 8 lembar,
Waktu pengerjaan         : 2minggu

Tingkat/Level
Kriteria Umum
4 superior
·         Menunjukan pemahaman yang lebih terhadap konsep-konsep tentang prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Menggunakan stategi-strategi yang bervariasi dalam usaha untuk mengurangi prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Data tingkat prilaku korupsi yang disajikan merupakan data ter update dan sumber terpecaya
·         Adanya nilai spesifik dalam tiap makalah dengan kriteria adanya table pembuatan makalah dengan dilampirkannya table jadwal.
·         Adanya pemahaman yang utuh dalam makalah dengan criteria terdapat tujuan yang jelas dengan pemilihan judul makalah yang dipilih dan metode yang digunakan sesuai dengan masalah yang akan diteliti.
·         Adanya catatan lapangan yang dilakukan oleh pembuat makalah dengan criteria adanya data dan grafik yang sesuai dengan tingkat korupsi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, adanya dialog yang dilakukan seperti melakukan wawancara dengan beberapa orang yang memiliki profesi yang berbeda dengan menyertakan pendapat mereka atas korupsi yang terjadi saat ini, disertakannya tempat dilakukan wawancara dan tempat observasi dalam pembuatan makalah bertemakan Tentang tindakan dan prilaku yang bertentangan dengan nilai pancasila sebagai bentuk korupsi ini.
3 Memuaskan dengan sedikit Kekurangan
·         Menunjukan pemahaman terhadap konsep-konsep tentang prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Adanya stategi dalam usaha untuk mengurangi prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Terlampirnya Data tingkat prilaku korupsi yang disajikan merupakan data ter update dan sumber terpecaya.
·         Terdapat nilai yg cukup spesifik dalam tiap makalah dengan kriteria adanya table pembuatan makalah dengan dilampirkannya table jadwal.
·         Adanya pemahaman dalam makalah dengan criteria terdapat tujuan dengan pemilihan judul makalah yang dipilih dan metode yang digunakan sesuai dengan masalah yang akan diteliti.
·         Adanya catatan lapangan yang dilakukan oleh pembuat makalah dengan criteria adanya data dan grafik yang sesuai dengan tingkat korupsi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, adanya dialog yang dilakukan seperti melakukan wawancara dengan beberapa orang yang memiliki profesi yang berbeda dengan menyertakan pendapat mereka atas korupsi yang terjadi saat ini, disertakannya tempat dilakukan wawancara dan tempat observasi dalam pembuatan makalah bertemakan Tentang tindakan dan prilaku yang bertentangan dengan nilai pancasila sebagai bentuk korupsi ini. Tetapi wawancara dilakukan terbatas dan tidak ke beberapa golongan masyarakat.
2 Cukup Memuaskan Dengan Banyak Kekurangan
·         Menunjukan pemahaman yang cukup terhadap konsep-konsep tentang prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         stategi-strategi yang digunakan dalam usaha untuk mengurangi prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi cendrung monoton, misalnya hanya dengan melakukan seminar anti korupsi.
·         Terdapat Data tingkat prilaku korupsi.
·         Nilai spesifik dalam makalah kurang dengan kriteria adanya table pembuatan makalah dengan dilampirkannya table jadwal misalnya hanya table observasi saja.
·         Adanya pemahaman yang utuh dalam makalah dengan criteria terdapat tujuan yang jelas dengan pemilihan judul makalah yang dipilih dan metode yang digunakan sesuai dengan masalah yang akan diteliti.
·         Adanya catatan lapangan yang dilakukan oleh pembuat makalah tetapi hanya dengan melakukan observasi dan tidak dilakukannya wawancara yang mendalam baik terhadap masyarakat maupun terhadap lembaga terkait.
1 Tidak Memuaskan
·         Tidak ditunjukan pemahaman terhadap konsep-konsep tentang prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Tidak adanya stategi-strategi yang dilakukan dalam usaha untuk mengurangi prilaku yang bertentangan dengan pancasila sebagai bentuk korupsi
·         Tidak adanya Data tingkat prilaku korupsi yang disajikan merupakan data ter update dan sumber terpecaya, walau ada tetapi tidak terdapat sumber yang jelas.
·         Tidak Adanya nilai spesifik dalam pembuatan makalah dengan criteria spesifik adanya tabel pembuatan makalah dengan dilampirkannya table jadwal.
·         Tidak adanya pemahaman yang utuh dalam makalah dengan criteria terdapat tujuan yang jelas dengan pemilihan judul makalah yang dipilih dan metode yang digunakan sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Antara judul dan latar belakang masalah dan tujuan tidak sinkron dan saling berkaitan.
·         Tidak Adanya catatan lapangan yang dilakukan oleh pembuat makalah dengan criteria catatan lapangan seperti  adanya data dan grafik yang sesuai dengan tingkat korupsi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, adanya dialog yang dilakukan seperti melakukan wawancara dengan beberapa orang yang memiliki profesi yang berbeda dengan menyertakan pendapat mereka atas korupsi yang terjadi saat ini, disertakannya tempat dilakukan wawancara dan tempat observasi dalam pembuatan makalah bertemakan Tentang tindakan dan prilaku yang bertentangan dengan nilai pancasila sebagai bentuk korupsi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll