RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : ......................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : VIII/I
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi
Dasar : 1.3 Menunjukkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Alokasi
Waktu : 2x 40
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
·
Memberikan
contoh sikap positif WN terhadap Pancasila
·
Menjelaskan
pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·
Menunjukkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
·
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage
)
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Kewarganegaraan
( citizenship )
B. Materi Pembelajaran
1.
Contoh
sikap positif terhadap Pancasila
2.
Pentingnya
sikap positif terhadap Pancasila
3.
Contoh
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
C. Metode Pembelajaran
- Analisis kasus
- Diskusi
D. Materi
Pembelajaran
SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA
Sikap positif
nilai-nilai Pancasila berarti sikap yang baik dalam menanggapi dan mengamalkan
nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.
1. Karakteristik Ideologi Pancasila
Karakteristik yang
dimaksud adalah ciri khas yang dimiliki oleh Pancasila sebagai ideologi negara,
yang membedakannya dengan ideologi-ideologi yang lain.
Pertama: Tuhan Yang
Maha Esa. Ini berarti pengakuan bangsa Indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai
pencipta dunia dengan segaa isinya.
Kedua ialah penghargaan
kepada sesama umat manusia apapun suku bangsa dan bahasanya. Hal ini sesuai
dengan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Adil dan beradab berarti bahwa adil
adalah perlakuan yang sama terhadap sesama manusia, dan beradab berarti
perlakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan.
Ketiga, bangsa
Indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa. Di dalam persatuan itulah dapat
dibina kerja sama yang harmonis. Dalam hubungan ini, maka pesatuan Indonesia
kita tempatkan di atas kepentingan sendiri.
Keempat adalah bahwa
kehidupan kita dalam kemasyarakatan dan bernegara berdasarkan atas sistem demokrasi.
Kelima adalah Keadilan
Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan dalam kemakmuran adalah
cita-cita bangsa kita sejak masa lampau.
2. Arti Pentingnya Pancasila
dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai ideologi dan dasar
negara, Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan bersama, berarti bahwa segenap
golongan dan kekuatan yang ada di Indonesia ini sepakat untuk menjaga,
memelihara, dan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bingkai Pancasila.
3. Upaya Mempertahankan Ideologi dan Dasar
Negara Pancasila.
Mempertahankan berarti
mengusahakan agar sila-sila dalam Pancasila dilaksanakan dengan baik dalam
kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.
Usaha pertama adalah dengan jalan melaksanakan sila-sila Pancasila
dalam kehidupan bernegara.
Usaha kedua adalah dengan jalan melaksanakan Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat.
Usaha ketiga melalui bidang pendidikan pendidikan memegang peranan
penting untuk mempertahankan pancasila.
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan
kesiapan belajar siswa.
- Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar/ video yang berkaitan dengan materi
F menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F peserta didik
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F peserta didik dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam
kehidupan berbangsa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
F. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII.
- Buku atau tulisan tentang Pancasila
- Media internet
G. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·
Menunjukkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Penilaian diri
|
Uraian
Uraian
Quesioner
|
Jelaskan pentingnya perilaku dan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
berbangsa!
Format penilaian skala sikap
( instrumen terlampir )
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK :
..............................
|
0 komentar:
Posting Komentar