Pages

Minggu, 25 Maret 2012

RPP Micro Teaching


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                  :     ...................................... 
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                 :     VIII/I
Standar Kompetensi         :     1.   Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar            :     1.3 Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Alokasi Waktu                 :     2x 40 menit

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
·         Memberikan contoh sikap positif WN terhadap Pancasila
·         Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·         Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
·          
Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.     Materi Pembelajaran
1.      Contoh sikap positif terhadap Pancasila
2.      Pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
3.      Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa

C.     Metode Pembelajaran

  1. Analisis kasus
  2. Diskusi

D.     Materi Pembelajaran

SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA


Sikap positif nilai-nilai Pancasila berarti sikap yang baik dalam menanggapi dan mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

1. Karakteristik Ideologi Pancasila
Karakteristik yang dimaksud adalah ciri khas yang dimiliki oleh Pancasila sebagai ideologi negara, yang membedakannya dengan ideologi-ideologi yang lain.
Pertama: Tuhan Yang Maha Esa. Ini berarti pengakuan bangsa Indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai pencipta dunia dengan segaa isinya.
Kedua ialah penghargaan kepada sesama umat manusia apapun suku bangsa dan bahasanya. Hal ini sesuai dengan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Adil dan beradab berarti bahwa adil adalah perlakuan yang sama terhadap sesama manusia, dan beradab berarti perlakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan.
Ketiga, bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa. Di dalam persatuan itulah dapat dibina kerja sama yang harmonis. Dalam hubungan ini, maka pesatuan Indonesia kita tempatkan di atas kepentingan sendiri.
Keempat adalah bahwa kehidupan kita dalam kemasyarakatan dan bernegara berdasarkan atas sistem demokrasi.
Kelima adalah Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan dalam kemakmuran adalah cita-cita bangsa kita sejak masa lampau.

2. Arti Pentingnya Pancasila dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai ideologi dan dasar negara, Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan bersama, berarti bahwa segenap golongan dan kekuatan yang ada di Indonesia ini sepakat untuk menjaga, memelihara, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bingkai Pancasila.

3. Upaya Mempertahankan Ideologi dan Dasar Negara Pancasila.
Mempertahankan berarti mengusahakan agar sila-sila dalam Pancasila dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.
            Usaha pertama adalah dengan jalan melaksanakan sila-sila Pancasila dalam kehidupan bernegara.
            Usaha kedua adalah dengan jalan melaksanakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
            Usaha ketiga melalui bidang pendidikan pendidikan memegang peranan penting untuk mempertahankan pancasila.

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memperhatikan gambar/ video yang berkaitan dengan materi
F  menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  peserta didik dapat  menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

F.      Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII.
  2. Buku atau tulisan tentang Pancasila
  3. Media internet

G.     Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·      Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Tes Tertulis


Tes Tertulis





Penilaian diri

Uraian



Uraian






Quesioner
Jelaskan pentingnya perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!

Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa!






Format penilaian skala sikap
( instrumen terlampir )

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll